Periode Sejarah Bangsa Arab

Secara umum, sejarah Arab terbagi menjadi tiga periode utama :

  1. Periode Saba Himyar, yang berakhir pada awal abad keenam masehi
  2. Periode jahiliyah yang dalam satu segi dimulai dari penciptaan Adam hingga kedatangan Muhammad SAW, tetapi lebih khusus lagi—seperti yang akan dibahas berikut ini—meliputi kurun waktu satu abad menjelang kelahiran Islam.
  3. Periode Islam sejak kelahiran Islam hingga masa sekarang.

Istilah jahiliyah, yang biasanya diartikan sebagai “masa kebodohan” atau “kehidupan barbar”, sebenarnya berarti bahwa ketika itu orang-orang Arab tidak memiliki otoritas hukum, nabi,  dan kitab suci. Pengertian itu dipilih karena kita tidak bisa mengatakan bahwa masyarakat yang berbudaya dan mampu baca tulis seperti masyarakat Arab Selatan disebut sebagai masyarakat bodoh dan barbar.

Berbeda dengan orang-orang Arab Selatan, sebagian besar masyarakat Arab Utara, termasuk Hijaz dan Nejed adalah masyarakat nomad. Sejarah orang-orang Badui pada dasarnya dipenuhi dengan kisah peperangan gerilya, yang disebut dengan ayyam al-‘Arab (hari-hari orang Arab). Selama periode itu sering terjadi perampokan dan serangan tanpa pertumpahan darah. Masyarakat yang bermukim di Hijaz dan Nejed tidak dikenal sebagai pemilik peradaban yang maju. Karenanya, keadaan mereka berbeda dengan tetangga dan kerabat mereka, yaitu orang-orang Nabasia, Palmyra, Gassan dan Lakhmi. Kajian mengenai periode Jahiliyah pada pembahasan berikut dibatasi pada analisis tentang berbagai pertempuran antara suku-suku badui utara sekitar satu abad sebelum hijrah, dan pada catatan mengenai pengaruh budaya-budaya luar terhadap kehidupan penduduk Hijaz menjelang kedatangan Islam.

Orang-orang Arab Utara baru mengembangkan budaya tulis menjelang masa Muhammad SAW. Istilah orang-orang Arab dalam pengertiannya yang luas meliputi semua penduduk di semenanjung Arab. Dalam pengertian sempit merujuk pada orang-orang Arab Utara, yang tidak menonjol dalam percaturan internasional hingga munculnya kekuatan Islam. Sama halnya yang disebut bahasa Arab adalah bahasa Himyar-Saba, juga dialek Hijaz sebelah utara, tetapi karena yang terakhir menjadi bahasa agama Islam dan sepenuhnya menggantikan dialek Yaman sebelah selatan, maka ia menjadi bahasa Arab par excellence. Karena itu ketika kita menyebut orang-orang Arab dan bahasa Arab, maka yang kita maksudkan adalah orang-orang Arab Utara dan bahasa Arab Al-Quran. Salah satu fenomena sosial yang terjadi di Arab menjelang kelahiran Islam adalah apa yang dikenal dengan sebutan “Hari-hari orang Arab” (Ayyam al-‘Arab). Hal ini merujuk pada permusuhan antar suku yang secara umum muncul akibat persengketaan seputar hewan ternak, padang rumput, atau mata air. Persengketaan itu menyebabkan seringnya terjadi perampokan dan penyerangan, memunculkan sejumlah pahlawan lokal, para pemenang dai suku-suku yang bersengketa, serta menghasilkan perang syair yang penuh kecaman diantara para penyair yang berperan sebagai juru bicara setiap pihak yang bersengketa. Berkat Ayyam al ‘Arab itulah pertarungan antar suku menjadi salah satu institusi sosial keagamaan dalam kehidupan mereka.

Beberapa perang antar suku Badui yang terkenal yaitu perang Basus yang terjadi pada akhir abad kelima antara Banu Bakr dan keluarga dekat mereka dari Banu Taghlib di Arab sebelah timur laut. Perang itu berlangsung selama 40 tahun dan berakhir sekitar 525 setelah Al-mundzir III dari Hirah turun tangan, dan setelah kedua belah pihak lelah berperang. Perang lainnya yaitu perang Dahis dan al-Ghabra yang menjadi salah satu peristiwa paling terkenal dari periode Jahiliyah. Peperangan itu pecah pada paruh kedua abad keenam, tidak lama setelah tercapainya perdamaian Basus dan berhenti selama beberapa dekade hingga masa Islam.

Sumber : History of the Arabs By Philip K. Hitti

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s