Peradaban yang Berkembang di Jazirah Arab

Di negeri Arab, sejak dahulu telah tumbuh beberapa kebudayaan dan peradaban kuno yang masih asli, di antara yang terkenal adalah :

  1. Peradaban Saba’ di Yaman. Di dalam Al-Quran Allah telah menyinggung mengenai peradaban ini. Penduduk Yaman mencoba mengambil keuntungan dari air hujan dan air bah yang terbuang sia-sia hingga bermuara ke laut. Mereka kemudian membangun tempat-tempat penampungan dan bendungan dengan teknik yang sangat maju kala itu. Dan salah satu bendungan yang terkenal adalah bendungan Ma’rib. Air yang menggenang di bendungan tersebut lalu digunakan untuk mengairi ladang dan tanah perkebunan yang isinya tanaman indah dan buah yang menggiurkan. Dalam Al-Quran surat Saba’ :15-17 disebutkan bahwa ternyata pada zaman dahulu telah terjalin ikatan antar negeri, mulai dari Yaman hingga ke negeri Hijaz, bahkan ke negeri Syam. Karafan-karafan dagang dan para musafir keluar masuk dari Yaman menuju Syam. Mereka sama sekali tidak merasa kekurangan apapun. Makanan, minuman, dan tempat berteduh semua mudah didapat.
  2. Peradaban ‘Ad di Ahqaf. Peradaban ini tumbuh dan berkembang di Hadhramaut bagian utara dan disinilah Nabi Hud diutus. Kaum ‘Ad memiliki rumah-rumah yang kukuh, bangunan bervariasi, kebun-kebun, ladang-ladang, dan banyak mata air.
  3. Peradaban Tsamud di Hijaz. Al-Quran menegaskan keberadaan peradaban ini, tepatnya di negeri Hijr. Al-Quran juga menjelaskan keahlian mereka membuat rumah di pegunungan dengan cara memahatnya. Di kawasan tersebut beberapa mata air, perkebunan, dan ladang.

Bangsa-bangsa ini sudah musnah sejak dahulu. Kini yang tersisa hanya jejak-jejak dan puing-puing reruntuhannya. Kawasan perkampungan dan kotanya pun sudah luluh lantak. Bangunan dan istana-istana sudah hancur, mata air sudah kerontang, pohon-pohon sudah mengering, perkebunan dan ladang sudah ditelan bumi.

Sumber : History of the Arabs By Phillip K. Hitti

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s