Sosok “Al-Faruq” (Part 2) Karakter yang Kokoh

Umar, lelaki perkasa, berbadan kekar, kulitnya kemerahan, telapak kaki dan tangannya kokoh, bahunya lebar, tangkas, dan bertubuh jangkung. Bila ia berjalan bersama satu kaum, maka kepalanya terlihat paling tinggi diantara mereka, karena tinggi tubuhnya.

Ia adalah seorang lelaki yang disifati, “Jika berkata pasti didengar, jika berjalan pasti cepat, dan jika memukul pasti mematikan.”

Umar sosok yang tidak pernah takut kepada seorangpun selama hidupnya. Hatinya yang keras tidak pernah datang dihadapan rasa takut atau panik.

Umar, seorang anak yang mewarisi karakter ayahnya, seorang yang keras tidak kenal ampun, tegas tidak mengenal keraguan, bertekad kuat tidak mengenal tanggung.

Umar…sungguh sangat mudah untuk menyingkap hakikatnya, membaca bagian dalamnya dan memprediksi sesuatu didalamnya, jika tidak keujung paling kanan pasti ia keujung paling kiri. Ia adalah sosok yang tidak mengenal kepribadian ganda. Dirinya tidak pernah terbagi. Tidak pernah ia meletakkan satu kakinya disini dan satunya lagi disana…

Sungguh suatu karakter yang sangat unik yang tidak akan banyak terulang pada manusia yang lain, serta tidak ada bandingannya.

Rasulullah sangat memahami keagungan karakter yang dianugrahkan Allah kepada Umar, beliau juga mengetahui kemurnian dan kemampuan yang terkandung dalam diri Umar, seperti halnya beliau mengetahui kewibawaan dan ketegasan yang dimiliki Amir bin Hisyam.

Karena itulah Rasulullah berdoa kepada Allah agar menguatkan barisan Islam dengan salah satu dari dua orang yang ia kagumi; Umar bin Khaththab atau Amru bin Hisyam.

Kekuatan yang mengakar dalam kepribadian Umar, senantiasa terlihat meskipun tampak ekstrim, keras dan kasar.

Pada masa jahiliyah, tantangan yang ia lancarkan terhadap Islam menyamai tantangan seluruh kaum Quraisy. Kekerasan akan pendiriannya telah menghancurkan semua harapan agar ia mau berpaling.

Sebaliknya ketika ia telah memeluk Islam, perlawanannya terhadap kemusyrikan hampir menyamai seluruh perlawanannya terhadap umat Islam, bahkan kekerasannya yang adil dan cerdas sering dijadikan perumpamaan. Ia adalah satu-satunya sahabat yang sering bertanya ulang tentang kebijakan Rasulullah SAW, terkadang ia mengusulkan sesuatu kepada Rasulullah dan beliaupun sering melaksanakan usulan Umar dan mentradisikan pemikirannya. Ia adalah sosok yang sangat keras terhadap musuh-musuh islam hingga menjadi ciri khas yang melekatinya diantara para sahabat.

Dan begirulah adanya Umar. Seorang lelaki yang berkarakter kuat dan dipenuhi oleh energi yang luar biasa. Karakter yang lurus menatap tujuan, kokoh dalam prinsipnya baik ketika ia masih tersesat maupun sesudah mendapat petunjuk.

Karakter yang jika menetapkan sikapnya, ia akan mencapai titik terjauh, tidak bisa ditawar, ia akan terus merealisasikannya dengan mengerahkan seluruh kemampuannya sebagai ungkapan spontan dari kelebihan dan keunggulannya.

Ada perbedaan besar antara tafawwuq (keunggulan) dengan tatharruf (ekstrim, berlebihan): yang pertama tumbuh secara alami, sedang yang kedua lebih mirip sebuah penyakit pertumbuhan dalam diri seseorang. Yang pertama adalah hasil dari dinamika aktif sedang yang kedua adalah salah satu pertanda dari gejala-gejala kecacatan dan penyakit.

Keunggulan adalah kekuatan lurus yang mengandung hikmah, ia tidak akan memperbudak kebaikan atau membelakangi yang haq. Dan itulah yang ada dalam diri Umar, keunggulan bukan ekstrimisme, kekuatan bukan kekerasan!

Kondisi yang mendorong keislamannya, faktor yang mendesaknya untuk menyingkap substansi jati dirinya menjelaskan semua itu dengan amat nyata…

Sumber : 5 Khalifah Kebanggaan Islam

By : Syaikh Khalid Muhammad Khalid

 

 

Advertisements

One thought on “Sosok “Al-Faruq” (Part 2) Karakter yang Kokoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s