Renovasi Ka’bah dan Sengketa Hajar Aswad

Tepat sepuluh tahun Muhammad menjalani bahtera rumah tangga bersama Khadijah, usia Muhammad kini 35 tahun. Kala itu Ka’bah dalam kondisi mengkhawatirkan. Bagian atasnya tidak beratap. Karena itu Baitullah sering dimasuki pencuri yang masuk dari atas untuk mengambil barang-barang berharga. Fondasi dan dindingnya rapuh akibat sering diserang pasukan berkuda. Yang menyedihkan, saat Mekah dilanda banjir besar, pelataran Ka’bah terendam air sehingga bangunan suci itu hampir ambruk.

Orang-orang Quraisy akhirnya terdorong untuk merenovasi Ka’bah. Untuk mnenjaga reputasi Ka’bah, mereka sepakat untuk menggunakan dana yang berasal dari sumber yang baik, bukan dari praktik prostitusi, riba, dan kejahatan lainnya.

Pada awalnya mereka enggan dan ragu merobhkan Ka’bah karena kesucian, kemuliaan, dan keagungannya. Mereka khawatir, merobohkan Ka’bah akan berdampak idak baik bagi keselamatan diri, keluarga, dan negeri tempat tinggal mereka. Hingga akhirnya Walid bin Mughirah al-Makhzumi memulai dengan kapaknya.

Dua sisi Ka’bah berhasil dirobohkan oleh al-Mughirah. Begitu melihat al-Mughirah tidak apa-apa, orang-orang Quraisy mulai berani merobohkan Ka’bah sampai fondasi pertama, yang dulu diletakkan oleh nabi Ibrahim As, setelah itu renovasi Ka’bah pun dimulai. Pertama mereka membagi bangunan Ka’bah dalam beberapa bagian. Setiap kabilah mendapat satu bagian, mengumpulkan sejumlah batu yang sesuai dengan jatah tiap-tiap kabilah. Pemimpin proyek renovasi ini adalah Baqum, seorang arsitek romawi.

Tentang Baqum ini ada kisah menarik. Diriwayatkan, kala itu Allah menurunkan rahmat-Nya dengan mengirimkan sebuah kapal laut dari Romawi. Ketika tiba di Jeddah, kapal itu hancur berkeping-keping. Peristiwa ini didengar orang Quraisy. Mereka berduyun-duyun mendatangi kapal yang luluh lantak itu untuk mengambil kayunya. Saat itulah mereka bertemu dengan Baqum. Setelah mendapat izin dari Baqum, mereka mengambil kayu dan membawanya ke Mekah. Baqum sendiri diajak orang-orang Quraisy untuk membangun Ka’bah.

Dalam proses renovasi itu, orang-orang Quraisy kekurangan dana, akhirnya dibuanglah sebanyak enam hasta di bagian utara Ka’bah yang dinamakan al-Hijr dan al-Hathim.

Renovasi terus dilakukan. Posisi pintu Ka’bah lebih ditinggikan agar tidak mudah dimasuki, kecuali saat diperlukan. Tinggi Ka’bah mencapai 7,5 m. Bagian atas juga dipasang atap yang disangga dengan enam tiang. Ka’bah hasil renovasi itu bentuknya berubah menjadi hampir mirip kubus. Hajar Aswad dipasang dengan ketinggian 1,5 m dari permukaan pelataran tempat thawaf.

Renovasi Ka’bah hampir usai. Pekerjaan yang tersisa hanya menempatkan Hajar Aswad. Orang-orang Quraisy bertikai tentang siapa yang paling berhak meletakkannya ke tempat semula. Semua orang merasa paling berhak. Saking sengitnya pertikaian tersebut berlangsung selama lima malam. Kian lama kian meruncing hingga hampir terjadi peperangan di antara para kabilah.

Hal ini tidak mencengangkan mengingat Hajar Aswad merupakan batu mulia, sehingga Kabilah yang mendapatkan kesempataan meletakkan Hajar Aswad akan mendapat kemuliaan dan terangkat derajatnya di antara kabilah lainnya. Umayyah bin Umayyah mengusulkan agar orang pertama memasuki pintu Ka’bah yang berhak meletakkan Hajar Aswad. Usulan tersebut diterima. Tak berapa lama kemudian, Muhammad datang dan disambut oleh para Kabilah. “Inilah al-Amin, inilah Muhammad”. Kemudian mereka menceritakan persoalan yang terjadi. Beliau lalu memberikan sebuah solusi. Ia meminta sebuah selendang dan meletakkan Hajar Aswad diatas selendang tersebut. Kemudian beliau meminta pemimpin kabilah untuk memegang ujung selendang dan dibawa ketempat yang telah ditentukan. Muhammad kemudian mengambil Hajar Aswad dan meletakkannya ke tempat semula. Semua kabilah merasa puas dengan keputusan tersebut.

Keterlibatan Muhammad muda kala membangun Ka’bah dan menyelesaikan sengketa Hajar Aswad merupakan cara Allah SWT dalam mendidiknya sehingga terbiasa menyelesaikan persoalan masyarakat di berbagai bidang.

Sumber : The great story of Muhammad SAW Oleh Ahmad Hatta, dkk

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s