Fisik dan Watak Rasulullah (part 1)

Siapapun yang merasa benar-benar muslim pasti merindukan Rasulullah SAW dan berusaha membayangkan rupanya. Mereka akan membaca buku-buku riwayat tentang beliau dan mencari penjelasan seperti apa persisnya rupa dan ciri-ciri beliau.

Memang, bagaimanapun seseorang membayangkan rupa Nabi SAW, sesuai penuturan para sahabat, tidak akan pernah ada yang sampai pada rupa sejatinya. Mendengar kabar tentang seseorang tidak sama dengan melihat langsung. Kendati demikian, kabar tetap memiliki peran penting dan memberi petunjuk yang lebih dekat.

Karena gambaran sifat dan ciri-ciri yang dipaparkan dalam buku-buku riwayat Nabi SAW, muncul sepotong-sepotong dan memang mestinya seperti itu-maka sekeras apapun upaya kita untuk merangkainya menjadi satu gambaran utuh, tetap tidak akan bisa. Pasti ada potongan penting yang lepas atau hilang. Pasti ada ciri yang tidak mampu dijelaskan para sahabat, sekalipun seandainya mereka semua dianugerahi  kecerdasan dan daya ingat yang hebat.

Kendati demikian dengan segala kekurangan berbagai riwayat tentang sosok Nabi SAW, kita tetap menjadikan riwayat-riwayat tersebut sebagai dasar dan rujukan ketika hendak memaparkan ciri-ciri, watak dan kepribadian Rasulullah SAW. Semua riwayat itu bersumber dari para sahabat Nabi SAW yang dikenal sangat mencintai dan berhati-hati ketika menggambarkan sosok Rasulullah SAW.

Berdasarkan penuturan mereka, Rasulullah merupakan sosok mulia yang sedap dipandang. Postur tubuhnya ideal. Semampai, tidak tinggi dan tidak juga pendek. Tubuhnya indah, padat, tidak gemuk dan tidak kurus. Kepala, tangan, kaki, dan jaringan tulangnya kekar. Telapak tangannya lebar dan berisi. Lembut dan selalu terbuka. Jemarinya bagus, urat-uratnya tidak menonjol. Kedua lengannya padat berisi. Dadanya bidang dengan jarak ideal antara kedua bahunya. Perutnya rata, kedua tulang hastanya panjang, serasi dengan postur kedua bahu dan dadanya. Bulu dadanya tipis, seperti garis yang menghubungkan dada dengan perut. Tumitnya tipis, tidak gempal. Kakinya halus, lembut seakan-akan  jika tersentuh air tidak akan melekat. Telapak kakinya berlekuk. Di bagian atas pundak kirinya melekat stempel kenabian, seperti warna putih pada kaki kuda atau merpati. Atau menurut keterangan lain, berupa sekumpulan rambut, seukuran biji padi, serta berupa tonjolan daging dikitari tahi lalat dengan tonjolan kecil.

Pipinya merah merona, lehernya jenjang, merah-merah darah dalam kejernihan perak. Raut wajahnya bundar, memancarkan sinar, berkilau seperti bulan di puncak purnama. Keningnya lebar. Hidungnya mancung, berlapis cahaya sehingga sepintas tampak seperti bertulang panjang. Pipinya lembut, mulutnya sedang. Giginya putih, bersih, tertata rapat. Matanya terbelah memanjang, pekat dan lebar, dengan urat-urat halus berwarna kemerahan yang lembut disertai bulu mata yang lentik. Kedua alisnya lancip, tebal, panjang, indah seperti semut beriring, tak bertaut. Di sela antara keduanya merambat halus urat-urat berwarna merah lembut.

Al-Barra’ Ibn Azib berkata, “Rasulullah adalah orang yang wajahnya paling menawan.” (HR Bukhari Muslim).

Rasulullah berambut ikal mayang, lebat bergelombang, tidak lurus, tidak keriting, dibiarkan tergerai. Rambutnya tertata rapi, tak dibiarkan memanjang sampai melewati cuping telinga. Kadang-kadang dipanjangkan hingga ujung-ujungnya menyentuh pundak. Jenggotnya lebat, ubannya tidak banyak. Menjelang wafat, jumlahnya hanya sekitar 20 helai, tersebar di kepala, bawah mulut, dan kedua pelipis. Warna rambut beliau sedikit kemerahan karena pengaruh minyak wangi. Beliau sangat menyukai wewangian membenci bau busuk.. karena itu rambut dan jenggotnya selalu dilumasi minyak wangi. (bersambung ke part 2)

Sumber : Pribadi Muhammad SAW Oleh Dr. Nizar Abazhah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s