(Part 2) Penaklukan Suriah (Fihl)

Setelah Damaskus dikuasai, Abu Ubaidah, Khalid, Syarhabil, Amr, dan pasukan Islam lainnya bergerak ke selatan menuju Fihl, sebuah kota kecil di lembah Baisan, beberapa kilometer di selatan Danau Tiberias yang menjadi salah satu wilayah utama Yordania. Fihl dilewati aliran sungai Yordan yang deras, yang menghubungkan Danau Tiberias dengan Laut Mati. Ketika mengetahui pasukan Islam datang dari Damaskus, sisa-sisa pasukan Bizantium yang masih bertahan di Fihl menjebol saluran irigasi dari sungai Yordan yang mengalir di sepanjang tepian Fihl. Air sungai itu pun meluap. Tanah lembah itu berubah jadi lautan lumpur.

Garis depan pasukan Islam tak bisa bergerak, terjebak luapan lumpur itu. Namun, keadaan Bizantium justru lebih parah. Mereka terendam lumpur karena berada di tepian sungai itu. Maka pasukan muslim segera menghujani mereka dengan anak panah. Sebagian besar tewas, sisanya berpencar melarikan diri. Fihl akhirnya dapat ditaklukkan. Abu Ubaidah segera mengirim berita kemenangan ini ke Madinah.

Setelah menerima berita kemenangan di Damaskus dan Fihl itu, Khalifah Umar memerintahkan untuk melanjutkan penaklukkan. Abu Ubaidah dan Khalid diperintahkan bergerak ke arah utara untuk menaklukkan Emesa (Himsh) – tempat heraklius saat itu berada, Aleppo (Halab), dan Antiokia (Anthakiyyah), Amr ibn Al-Ash dan Syarhabil ibn Hasanah bergerak ke kota-kota utama Palestina yang saat itu masih dipertahankan oleh Pangeran Konstantin II, putra Kaisar Heraklius, Zaid ibn Abi Sufyan dan Mu’awiyah ibn Abi Sufyan bergerak ke arah barat untuk menaklukkan kota-kota di sepanjang pesisir Levantine.

Sumber : Kisah hidup Umar ibn Khattab Oleh Dr. Musthafa Murad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s