(Part 4) Penaklukan Suriah (Aleppo)

Pasukan Islam bergerak menuju Aleppo. Sebagaimana kota-kota di sepanjang wilayah Suriah lainnya, kota Aleppo telah berusia lebh dari seribu tahun. Kota ini berdiri di atas bukit yang tinggi dan terjal, dikelilingi benteng yang kokoh. Aleppo dibangun oleh kerajaan Amoria pada tahun 1600 SM, sekaligus menjadikannya sebagai ibu kota. Setelah jatuhnya kerajaan Amoria, Aleppo kemudian dikuasai secara bergantian oleh Suriah, Persia, Yunani, Romawi, lalu Arab-Islam.

Penaklukan Islam terhadap Aleppo tergolong sulit karena selain berada di atas bukit terjal dan dikelilingi benteng, gerbang kota Aleppo hanya satu yaitu dari arah depan. Setelah sekian hari dikepung, pada suatu malam beberapa pasukan Islam memanjat tembok benteng. Mereka berhasil menyelinap dan memasuki bagian dalam benteng, mengendap-endap, menyergap beberapa penjaga, hingga berhasil memutus rantai gerbang dan membukanya. Pasukan Islam yang telah berada di depan pintu gerbang – secara diam-diam di malam gelap tersebut – segera memasuki gerbang dan bergerak ke dalam dan pecahlah pertempuran antara kedua belah pihak. Pertempuran berlanjut hingga siang dan akhirnya dimenangkan oleh pihak Islam. Korban pada pihak Bizantium lebih banyak, dan Vartanius, panglima Bizantium yang diserahkan amanat untuk mempertahankan Bizantium pun tewas.

Pertempuran kota-benteng Aleppo juga tercatat sebagai pertempuran kota-benteng tersengit kedua dalam sejarah penaklukan Islam, setelah penaklukan kota-benteng Yahudi-Arab di Khaibar, Arabia Tengah, pada masa kehidupan Rasulullah SAW.

Sumber : Kisah hidup Umar ibn Khattab Oleh Dr. Musthafa Murad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s