Abdurrahman bin Auf

Nama lengkapnya Abdurrahman bin Auf bin Abd Auf ibn Abd Harits, biasa dipanggil Abu Muhammad. Pada masa jahiliyah ia bernama Abd Al-Ka’bah, lalu Rasulullah menamainya Abdurrahman.

Ia lahir tahun 44 sebelum hijrah. Ia berwajah tampan, kulitnya putih kemerah-merahan dan halus, kedua tangannya lebar, dan jari-jarinya keras. Ia masuk Islam melalui tangan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan termasuk salah satu diantara delapan orang yang mula-mula masuk Islam.

Ia termasuk salah satu di antara sepuluh orang yang diberitakan Rasulullah masuk surga. Ia ikut berhijrah ke Habasyah, gelombang pertama dan kedua. Ia juga ikut berhijrah ke Madinah, mengikuti perang Badar dan semua peperangan bersama Rasulullah.

Rasulullah SAW mempersaudarakannya dengan Sa’ad bin Rabi’. Sa’ad pernah mengatakan kepadanya, “Aku adalah orang terkaya di Madinah. Kalau Anda mau silahkan ambil separoh dari hartaku. Aku juga punya dua orang istri. Silahkan Anda pilih mana yang Anda sukai, aku akan menceraikannya, setelah itu silahkan Anda kawini dia.” Abdurrahman lalu berdo’a untuk Sa’ad dan berkata, “Tolong tunjuki saja aku pasar.” Setelah itu Abdurrahman berdagang sampai akhirnya ia menjadi seorang pedagang yang paling kaya diantara kaum muslimin.

Suatu hari kota Madinah diguncang dengan kedatangan satu kafilah niaga yang terdiri dari 700 kendaraan niaga milik Abdurrahman. Aisyah lalu memberitahu Abdurrahman tentang berita gembira dari Nabi. Nabi SAW bersabda, “Aku melihat Abdurrahman masuk surga dengan merayap/merangkak.” Mendengar berita gembira ini, Abdurrahman langsung mendermakan satu kafilah niaga tersebut seraya berkata, “kalau aku bisa masuk surga dengan berdiri, niscaya akan aku lakukan.”

Dalam sehari ia memerdekakan 30 orang budak. Ia juga banyak mendermakan hartanya kepada para fakir miskin, kepada istri-istri Nabi, mewasiatkan 400 Dinar bagi setiap orang yang ikut dalam perang badar. Ustman-meskipun ia orang kaya-termasuk yang mengambilnya. Ustman mengatakan bahwa harta Abdurrahman halal dimakan dan di dalam hartanya terdapat berkah. Di samping itu, Abdurrahman juga mewasiatkan 1000 ekor kuda dan 50.000 Dinar untuk perjuangan di jalan Allah.

Dalam perang Uhud, tubuh Abdurrahman terkena 21 luka. Sebagian gigi depannya pecah, sehingga ia sulit berbicara. Salah satu betisnya juga terkena luka, sehingga ia pincang.

Tentang Abdurrahman, Rasulullah SAW berkata, “Abdurrahman bin Auf adalah orang terpercaya di langit dan orang terpercaya di bumi.” (HR. Harist bin Usamah)

Ia termasuk salah satu di antara enam orang yang ditunjuk oleh Umar untuk memilih salah satu di antara mereka menjadi khalifah sepeninggalnya. Ia mengundurkan diri ketika dicalonkan menjadi khalifah, lalu ia memilih Ustman bin Affan.

Aisyah menyarankan agar jasadnya nanti dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar. Tetapi ia merasa malu dimakamkan di samping makam Beliau.

Suatu hari, ia disuguhi makanan sementara ia sedang berpuasa. Ia berkata, “Mash’ab ibn Umair mati terbunuh dan ia lebih baik dari saya dan jasadnya dikafani dengan selimut. Jika kepalanya ditutup, maka kakinya terbuka; jika kakinya ditutup, maka kepalanya terbuka. Allah telah membentangkan kepada kita apa yang terbentang luas di muka bumi ini dan kita takut kebaikan-kebaikan kita dipercepat balasannya bagi kita.” Setelah itu ia menangis dan tidak sempat memakan suguhan tersebut.

Ia meninggalkan harta yang berlimpah. Di antaranya emas, 1000 ekor onta, 100 ekor kuda, dan 3000 ekor kambing yang digembalakan di Baqi’. Ia juga meninggalkan empat orang istri.

Ia meriwayatkan 65 hadist dari Nabi. Di antaranya, Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat kepada jama’ah yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Majah)

Sumber : Tokoh – Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah Oleh Syaikh Muhammad Sa’id Mursi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s