Thalhah bin Ubaidillah

Nama lengkapnya Thalhah bin Ubaidillah bin Utsman bin Amr bin Ka’ab ibn Sa’ad At-Taimi Al-Qurasyi, biasa dipanggil Abu Muhammad. Ia lahir tahun 28 sebelum hijrah.

Dalam perang Uhud, Rasulullah SAW menggelarinya dengan Thalhah Al-Khair (orang baik). Dalam perang Hunain, Beliau menggelarinya Thalhah Al-Jud (orang yang dermawan). Dalam perang Al-Asrah (Tabuk), Beliau menggelarinya dengan Thalhah Al-Fayyadh dan Ash-Shubaih Al-Mulaih Al-Fushaih.

Ia berwajah tampan, rambutnya lebat, kulitnya putih kemerah-merahan, dada dan kedua bahunya lebar, postur tubuhnya pendek, dan kedua kakinya besar.

Ia termasuk orang bijak dan ulama kaum Quraisy dan termasuk salah satu di antara delapan orang yang mula-mula masuk Islam. Ia masuk Islam di tangan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Ia dan Abu Bakar dijuluki Al-Qarinain (dua sahabat akrab).

Pada saat ia melakukan perjalanan niaga ke luar kota Makkah, seorang pendeta mengabarinya tentang dekatnya waktu diutusnya nabi akhir zaman yang ditunggu-tunggu di tanah haram. Saat ia kembali ke Makkah, Nabi SAW telah memperoleh wahyu dan telah menyiarkan dakwahnya secara terang-terangan. Thalhah langsung mengikrarkan diri masuk Islam setelah ia mengetahui keislaman Abu Bakar. Saat itu Thalhah mengatakan, “Demi Allah, Muhammad dan Abu Bakar, keduanya tidak mungkin akan berkumpul dalam kesesatan.”

Karena ia masuk Islam, orang-orang kafir Quraisy menyiksanya, sebagaimana mereka menyiksa sahabat lainnya. orang yang menyiksanya adalah Asad Quraisyh (singa kaum Quraisy), Nufail bin Khuwailid.

Ia termasuk salah satu di antara sepuluh orang sahabat yang diberitakan Nabi masuk surga.

Ia ikut hijrah ke Madinah dan mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah, kecuali perang Badar. Saat itu, Beliau mendelegasikannya dan Sa’id bin Zaid untuk menyelesaikan tugas penting di luar kota Madinah. Beliau memberitahukan bahwa mereka berdua akan memperoleh pahala dan akan mendapat bagian dari harta rampasan perang Badar.

Dalam perang Uhud, ia bak seekor elang yang tajam penglihatannya. Ia adalah orang pertama yang berada di samping Nabi ketika Beliau terkena luka. Ia berjanji kepada Beliau bahwa ia akan berjuang sampai titik darah penghabisan. Akhirnya, ia terkena lebih dari 70 luka bekas tikaman pedang, tusukan tombak dan anak panah. Selain itu, jari-jari tangannya juga putus.

Dalam perang Uhud, ia menggendong Rasulullah SAW dan membawanya naik ke puncak bukit.

Ia tergolong sahabat yang kaya raya dan gemar berderma.

Tentang Thalhah, Rasulullah SAW mengatakan, “Thalhah dan Zubair, keduanya adalah tetanggaku di surga” (HR. At-tirmidzi). Beliau juga mengatakan, “Siapa yang ingin melihat seorang syahid berjalan di muka bumi, hendaklah ia melihat Thalhah ibn Ubaidillah”. (HR. At-Tirmidzi)

Ia termasuk salah satu di antara sahabat Nabi yang menyokong perlawanan terhadap politik pemerintahan Utsman bin Affan, tapi ia tidak suka atas pembunuhan Utsman.

Thalhah juga bergabung dengan pasukan Mu’awiyah melawan Ali bin Abi Thalib. Tapi akhirnya ia menarik diri dari pasukan Mu’awiyah.

Ia meriwayatkan 38 hadist dari Nabi SAW. Di antaranya, ia berkata, “Jika Nabi melihat bulan sabit (hilal), beliau berdo’a, “Ya Allah, tampakkanlah bulan sabit kepada kami dengan berkat dan iman, dengan keselamatan dan islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. At-Tirmidzi)

Ia dibunuh oleh Marwan bin Hakam dalam perang Al-Jamal (perang onta) dengan tembakan anak panah. Ia gugur sebagai syahid tahun 36 H. Jasadnya dimakamkan oleh Ali bersama jasad Zubair bin Awwam.

Ada seorang laki-laki yang pernah melihatnya sebanyak tiga kali dalam mimpinya. Dalam mimpinya itu, Thalhah mengatakan, “Pindahkanlah aku dari kuburanku, karena air telah membuatku terganggu.” Laki-laki itu pun memberitahu mimpinya kepada Ibnu Abbas. Ibnu Abbas langsung memindahkan makamnya setelah ia mendapati genangan air di makam Thalhah. Ibnu Abbas mendapati jasad Thalhah masih seperti saat ia meninggal.

Sumber : Tokoh – Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah Oleh Syaikh Muhammad Sa’id Mursi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s