Sa’id bin Zaid

Nama lengkapnya Sa’id bin Zaid ibn Amr ibn Nufail Al-Qurasyi Al-Adawi, biasa dipanggil Abu A’war. Ia dilahirkan di Makkah tahun 22 sebelum hijrah. Ia adalah sosok sahabat yeng terkenal memiliki gagasan-gagasan yang cemerlang, pemberani, tubuhnya tinggi, dan rambutnya lebat.

Ia termasuk orang yang mula-mula masuk Islam dan salah satu di antara sepuluh orang yang diberitakan Nabi masuk surga. Ia menikah dengan Fatimah binti Al-Khattab, saudara perempuan Umar bin Al-Khattab. Umar juga menikah dengan Atikah, saudara perempuan Sa’id ibn Zaid.

Sa’id adalah faktor yang menyebabkan Umar tertarik masuk Islam. Suatu hari, Umar dan isterinya bertamu ke rumah Fatimah, istri Sa’id ibn Zaid. Saat itu di rumah Fatimah ada Khabab ibn Art. Mereka sedang mempelajari Al-Qura’an bersama-sama. Ketika mereka memberikan mushaf Al-Qur’an kepada Umar, Umar membaca mushaf tersebut. setelah itu, Umar pergi menemui Nabi dan mengikrarkan diri masuk Islam di hadapan Beliau.

Sebelum perang Badar, Rasulullah SAW mendelegasikannya untuk mengurusi sebuah misi penting ke luar kota Madinah, sehingga ia tidak ikut dalam perang tersebut. karenanya, Rasulullah SAW tetap memberinya bagian dari hasil rampasan perang Badar. Pasca perang Badar, ia tidak pernah absen mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah.

Ia ikut dalam perang Yarmuk, pengepungan kota Damaskus dan pembebasannya. Abu ubaydah pernah mengangkatnya sebagai komandan perang di kota Damaskus.

Ia meriwayatkan 48 hadits dari Nabi. Di antaranya, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mati terbunuh karena membela hartanya, maka ia tergolong mati syahid. Siapa yang mati terbunuh karena membela agamanya, maka ia tergolong mati syahid. Dan siapa yang mati karena membela kehormatannya, maka ia tergolong mati syahid. Dan siapa yang mati karena membela keluarganya, maka ia tergolong mati syahid”. (HR. At-Tirmidzi)

Ia meninggal di Al-Aqiq, daerah dekat kota Madinah, tahun 51 H, dan jasadnya dimakamkan di kota Madinah.

Sumber : Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah Oleh Syaikh Muhammad Sa’id Mursi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s