Kapan?

Kapan mau ngaji?

  1. Nanti aja, mumpung masih muda, saatnya menikmati dunia.
  2. Nanti aja, masih banyak dosa, malu ah!
  3. Nanti aja, kan kita masih sekolah, fokus buat sekolah dulu aja.
  4. Nanti aja, saya sibuk banget nih, tugas kuliah kayaknya ga ada habis-habisnya.
  5. Nanti aja, ga ada waktu.
  6. Nanti aja, ntar ga boleh ini, ga boleh itu, terlalu banyak aturannya.
  7. Nanti aja, ntar disuruh ikut demo, ikut aksi, politik-politik gitu gimana?
  8. Nanti aja, kalau udah kerja, kan ada waktu tuh weekend.
  9. Nanti aja, baca Quran aja masih belepotan, gimana kalau nanti saya doank yang ga bisa ngaji?
  10. Nanti aja, sholat aja masih bolong-bolong.
  11. Nanti aja, pake kerudung aja belum bener.
  12. Nanti aja, kalau udah nikah. Saya mau cari suami yang rajin sholat, trus ngaji bareng deh.
  13. Nanti aja, nikah dulu. Cari istri sholehah.
  14. Nanti aja, sibuk banget nih, bahkan weekend aja lembur terus.
  15. Nanti aja, kerjaan lagi banyak banget.
  16. Nanti aja, saat ini fokus utama saya karir dulu.
  17. Nanti aja, jadi wanita karir dan ibu rumah tangga itu berat tau! Ga ada waktu buat ngaji. Dengerin pengajian di TV aja udah cukup kok.
  18. Nanti aja, suami sibuk, ga ada yang nganterin.
  19. Nanti aja, cucian numpuk, setrikaan segunung, rumah belum diberesin, belum ngepel, belum masak.
  20. Nanti aja, saya lagi hamil, kata dokter harus banyak istirahat.
  21. Nanti aja, anak saya masih batita. Belum bisa dibawa jalan jauh-jauh.
  22. Nanti aja, anak saya masih balita. Anaknya rewel dan ga mau diem.
  23. Nanti aja, punya 3 anak repot mau pergi kemana-mana.
  24. Nanti aja, saya mau lanjut kuliah S2 dulu.
  25. Nanti aja, saya mau lanjut kuliah S3 dulu.
  26. Nanti aja, kalau anak-anak sudah pada gede.
  27. Nanti aja, suami saya belum mengizinkan saya ikut yang begituan.
  28. Nanti aja, saat ini saya fokus ngurusin bisnis dulu.
  29. Nanti aja, kalau sudah pensiun.
  30. Nanti aja, cucu-cucu saya masih pada kecil-kecil, ngikut terus sama saya, nangis kalau ditinggal.

Dan seterusnya….

Dan seterusnya….

Dan seterusnya….

Dan seterusnya….

Dan seterusnya….

Alasan itu selalu ada

Akan selalu ada

1001 jumlahnya

Jika sudah rutin ikut pengajian, lantas apakah serta merta, tiba-tiba kita berubah menjadi malaikat yang tanpa dosa tanpa cela? Tidak sama sekali. Akan selalu ada dosa, ada khilaf, ada salah. Iman itu tidak seperti lampu Philips, yang “terus terang terang terus”. Tapi, iman itu ibarat smart phone, ia harus di recharge secara berkala. kadangkala ia malas, ia futur, ia hampa, ia redup. ia berkarat. Karena duniawi, karena cobaan, karena hidup yang dipenuhi kerikil dan tanjakan. maka bermajelis dan berjamaahlah. maka hati itu akan kembali bercahaya.

Dan, majelis ilmu itu adalah surga dunia.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya,”Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab,”Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir(HR Tirmidzi, no 3510).

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,”Barangsiapa ingin menempati taman-taman surga di dunia, hendaklah dia menempati majlis-majlis dzikir; karena ia adalah taman-taman surga(Al Wabilush Shayyib, halaman 145).

Tidaklah sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat (Allah) meliputi mereka, ketentraman turun kepada mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisiNya (HR Muslim no 2700).

Allah mengetahui isi hati kecil kita.

Hidayah itu dilimpahkan kepada manusia-manusia yang di dalam hatinya ada niat yang kuat untuk selalu memperbaiki diri, untuk selalu cenderung kepada kebaikan. Yang mencari, bukan menunggu. Bukan kepada hati yang selalu membangkang, mencari-cari alasan, dan cenderung kepada kekafiran.

Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s