Puber dalam Islam??

Sebagai seorang guru BK (Bimbingan dan Konseling) di sebuah SMP, istri saya sering bercerita tentang ulah sebagian anak-anak SMP yang cukup membuat kita harus mengelus dada. Berantem, tawuran, mencuri, sampai gaya pacaran yang kebablasan, semua ada.

Ya…memang anak seusia itu sering diidentikkan dengan hal-hal negatif, setidaknya ilmu psikologi berteori bahwa perkembangan emosi remaja ini cenderung negatif. Temperamental (mudah tersinggung, marah, sedih), agresif (melawan, keras kepala, berkelahi) suka mengganggu, sampai suka lari dari kenyataan. Seabreg teori psikologi tentang remaja itu seolah menjadi permakluman bahwa kenakalan remaja itu ya fitrahnya, atau perilaku negatif remaja itu ya memang bawaan dari Sononya…

 

REMAJA VS PEMUDA

Dalam kamus bahasa arab, Remaja = مُرَهَقَة  (Murohaqoh)

berasal dari kataرَهَقَ artinya ظُلْمٌzalim dan فِعْلُ القَبَائِحberbuat keburukan. Murohaqoh ini istilah yang terbilang baru. Al-Quran dan hadits tidak menggunakan kata ini.

yang ada adalah kata fata فَتَىdan Syab / Syabab شَابٌ/شَبَابٌ

FATA itu sebutan untuk pemuda 20 tahun ke bawah sedangkan SYABAB itu untuk pemuda usia 20 tahun ke atas.

Dalam kamus bahasa Fata (pemuda) فَتَى itu artinya سخاء والكرم dermawan dan mulia)

Syabab (Pemuda) شباب itu artinya المحسن للشيئ mempercantik sesuatu atau يزيده قوة او حسنا bertambah kekuatan atau kebaikan.

Jadi secara bahasa, Islam memandang fase ini sebagai fase mulia, kuat dan penuh keindahan. Kata Murohaqoh (Remaja) dalam ilmu psikologi sering diidentikkan dengan masa PUBER, sedangkan ilmu fiqih menyebutnya sebagai masa Baligh.

Baligh Vs Puber

Baligh itu artinya sampai kepada kesempurnaan. ini adalah istilah tingkat tinggi untuk menggambarkan kesempurnaan. Bahkan dalam bhs arab dikenal ilmu Balaghah, sebuah ilmu yang mempelajari tentang kesempurnaan ungkapan.

Perkataan yang baik jg disebut قولا بليغا Qoulan baligha. Baligh adalah masa manusia yang telah sempurna secara fisik, jiwa dan akalnya. Bahkan Quran surat Arrum ayat 54 menyebutnya sebagai masa penuh kekuatan.

“Allah lah yang menciptakan kamu dari keadaan ضعف LEMAH (fase anak-anak), kemudian setelah lemah menjadi KUAT قوةfase pemuda/setelah baligh kemudian setelah kuat itu LEMAH kembali dan BERUBAN قوة وشيبة fase tua…”

Puber itu secara bahasa artinya pemilik pubis. Pubis adalah bulu-bulu yang tumbuh di area sensitif. Terkesan kasar sih…kok diasosiasikannya ke pubis gitu loh! Lalu seharusnya bagaimana kita memandang masa ini? Rasulullah mengawali dakwahnya dengan merekrut anak-anak muda dan di akhir dakwahnya pun beliau kembali mengangkat anak muda bernama Usamah.

10 sahabat yang di awal dakwah adalah 10 orang yang diberitakan nabi akan masuk syurga

mereka adalah

  1. Abu Bakar 37 tahun
  2. Usman bin Affan 34 tahun
  3. Abdurrahman bin Auf 30 tahun
  4. Umar bin Khottab 27 tahun
  5. Abu Ubaidah bin Jarrah 27 tahun
  6. Saad bin Abi Waqosh 17 tahun
  7. Zubair bin Awwam 16 tahun
  8. Said bin Zaid 15 tahun
  9. Tahunalhah bin Ubaidillah 14 tahun
  10. Ali bin Abi thalib 10 tahun

Sementara itu Nabi menjelang meninggalnya mengangkat pemuda 17 tahun Usamah bin Zaid untuk melawan Romawi. Ya… perang besar antar negara, dipercayakan kepada pemuda 17 tahun. Tidak tanggung-tanggung Nabi pun bersumpah “Demi Allah dia layak jadi pemimpin!”

Bahkan ketika nabi menaklukkan kota Mekah, yang diajak oleh Rasulullah masuk ke dalam kabah itu adalah Bilal dan Usamah. Bilal mewakili kaum kelas bawah, hamba sahaya. Sedangkan Usamah adalah wakil pemuda. Seolah-olah ini adalah mukaddimah dari Rasulullah bahwa pemuda harus diberi ruang untuk memimpin, karena secara fisik, jiwa dan akal mereka sudah sempurna.

Maryam ibunda isa juga sosok sholihah yang luar biasa. Di usia 12 tahun beliau melahirkan isa. dan Nabi muhammad menggolongkan pemudi ini sebagai 1 dari 4 perempuan tersholih di dunia. Ya 12 tahun, single parent, diusir dari daerahnya, tapi mampu mendidik anak sesoleh Nabi Isa. Isa itu sholeh banget, sampai-sampai dijuluki anak tuhan.

Ashabul kahfi yang terdiri dari Tamliha, Miksalmina, Mihaslimina, martelius, casitius, sidemius, merupakan para pemuda usia 17an tahun yang dijadikan menteri oleh Raja Diqyanus. Mereka merupakan para pemuda yang cerdas, kaya raya, punya jabatan menteri di usia belia. Mereka melarikan diri dari raja Diqyanus yang ingin disembah, meninggalkan jabatan dan harta hanya untuk mempertahankan keimanannya. Luar biasa bukan?

Imam syafi’i sudah layak memberi fatwa di usia belasan tahun. Setidaknya Syafi’i muda ini sudah dijuluki sebagai Pemilik Separuh Akal Penduduk Dunia.

Bahkan panglima terbaik yaitu Sultan Al Fatih sudah mampu menguasai 2/3 dunia di usia 21 tahun.

Ibnu sina, yang dikenal sebagai dedengkotnya ilmu Kedokteran, menulis buku berjudul Qonun fil tibb (prinsip-prinsip kedokteran) di usia 19 tahun. Dan bukunya sampai sekarang masih menjadi rujukan.

Saya berpikir ada kemunduran dalam sistem pendidikan sekarang ini. setidaknya Konsep pemuda baligh yang dalam islam adalah masa panen kebaikan, dimaknai sebagai masa puber yang penuh negatif. Entah dari mana asalnya konsep puber itu, yang jelas kenegatifan itu bisa dihindari dengan bekal ilmu agama yang cukup sebelum usia baligh.

Sehingga saat baligh, saat dimana setiap amal baik dan buruk sudah dicatat oleh malaikat, saat dimana seseorang sudah harus mempertanggung jawabkan perilaku hidupnya kepada Allah, Sang Pemuda sudah memiliki bekal yang mapan.

Oh iya, anak perempuan sekarang kelas 6 SD udah mulai haid loh dan anak laki-laki kelas 1 SMP juga udah menunjukkan tanda baligh…

Pendek bukan waktunya…

Ya…karena seharusnya pendidikan itu MEMPERSIAPKAN ANAK DI USIA BALIGH AGAR DAPAT BERTANGGUNG JAWAB KEPADA TUHANNYA.

Terimakasih buat Wahyudi Palwono Euis Fauziah (kak uging) atas hadiah kamus munjidnya beberapa tahun silam, Alhamdulillah manfaat…

Oleh : Kak Adhi Fikri Alumni PAS SALMAN ITB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s